King of the Ocean

Belajar Grammar Bahasa Inggris Melalui Cerita Pendek

Permasalahan yang sering timbul dihadapi para pelajar ketika sedang belajar grammar bahasa inggris adalah:

  • Yang pertama yaitu menghabiskan terlalu banyak waktu atau  membuang-buang waktu untuk terlalu fokus terhadap pengecualian-pengecualian penggunaan dalam jenis-jenis grammar dimana waktu tersebut bisa lebih bermanfaat digunakan untuk belajar yang lain.
  • Permasalahan kedua ialah ketika mereka ingin berbicara dalam bahasa inggris mereka akan selalu diam sejenak untuk mengingat-ingat semua aturan dan pengecualian-pengecualiannya sebelum mengeluarkan kata-kata dalam bahasa inggris.

Kedua permasalahan tersebut akan mematikan kelancaran anda dalam berbahasa inggris dan pasti akan membuat anda terbata-bata dalam setiap kata dan kalimat bahasa inggris yang anda ucapkan. Teman-teman kita di kampung inggris pare menggunakan cerita pendek dan mengikuti tiga langkah sederhana berikut ini yang akan sangat membantu anda dengan cepat mengatasi kedua permasalahan diatas yang sering dihadapi para pelajar ketika belajar grammar bahasa inggris.

Langkah Pertama: Dengarkan Cerita Pendek Dalam Bahasa Inggris.
Setelah anda memiliki cerita pendek dalam bahasa inggris yang berfokus dalam struktur grammar bahasa inggris yang ingin anda pelajari anda harus mendengarkannya berulang-ulang. Hal tersebut akan membuat anda mulai meleburkan struktur grammar sebelum anda mulai belajar aturan-aturan grammar dan hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk mengerti aturan-aturan grammar. Dengarkanlah cerita pendek dalam bahasa inggris tersebut beberapa kali dalam sehari dan lakukanlah hal tersebut beberapa hari. Sangatlah penting bagi anda untuk mengerti dengan baik cerita tersebut dan memahami struktur internal yang tersirat didalamnya sebelum anda mencoba untuk menghapalkan aturan-aturan grammar nya sebab jika anda tidak memahaminya anda akan menganggap aturan-aturan grammar yang ada sangat tidak masuk akal. Bahkan anda akan menggunakan aturan-aturan grammar untuk menjelaskan apa yang telah anda dengar dalam cerita pendek tersebut. Seperti itulah seorang anak kecil belajar berbicara bahasa ibunya, pertama mereka belajar berbicara lalu mereka belajar grammar di sekolah, jadi kenapa kita belajar bahasa inggris dengan cara yang berbeda? Ini sama halnya dengan yang dilakukan oleh teman-teman kita di kampung inggris pare.

Langkah Kedua: Belajar Grammar Bahasa Inggris.
Setelah anda mendengarkan cerita pendek tersebut berulang kali dan memahaminya tibalah waktunya untuk belajar grammar bahasa inggris.  Dan inilah saat dimana kebanyakan para pelajar membuat kesalahan fatal dengan terjerumus dalam mencermatinya. Kebanyakan mereka ingin belajar semua aturan dan pengecualian untuk setiap aturannya dan menghabiskan banyak waktu yang berharga. Dalam hal ini proses belajar bahasa inggris yang anda inginkan agar dapat berbicara bahasa inggris secara fasih seperti seorang native speaker. Tidak ada salahnya ketika anda berbicara terdapat beberapa kesalahan grammar ketika dalam proses belajar bahasa inggris sebab posisi anda masih dalam tahap belajar, bukan seorang profesor di sebuah universitas bahasa asing yang bisa membuat decak kagum setiap orang. Bagi seorang pelajar berani mengucapkan atau melatih apa yang dipelajarinya secara jelas dan lancar sangatlah dibutuhkan sebab merupakan salah satu proses belajar. Jadi janganlah terlalu terjebak dengan semua detail dan pengecualian aturan grammar ketika belajar untuk melancarkan berbicara bahasa inggris. Alih-alih menghabiskan waktu berminggu-minggu belajar grammar tanpa mempraktekannya dalam berbicara anda bisa meluangkan waktu lima menit mempraktekan kegunaan grammar bahasa inggris. Gunakan waktu dan tenaga anda untuk fokus  kepada tujuan utama anda yaitu memperlancar kefasihan anda dalam berbahasa inggris seperti para pelajar di kampung inggris pare.

Langkah Ketiga: Melatih Grammar Anda.
Jika anda telah memahami prinsip dasar dari struktur grammar bahasa inggris tibalah saatnya bagi anda untuk melatih kemampuan anda. Jadi ini adalah waktu bagi anda untuk melakukan latihan dasar grammar bahasa inggris. Tidak saja anda akan melatih apa yang telah anda pelajari namun anda juga akan menguji diri anda yang berarti anda akan dapat mengevaluasi diri anda sendiri sejauh mana anda mengerti dengan benar yang telah anda pelajari.

Lakukan langkah-langkah tadi maka anda akan dapat menguasai struktur grammar bahasa inggris dengan cepat dan mudah sehingga anda dapat berbicara bahasa dengan fasih dan lancar seperti halnya seorang native speaker jika anda belajar secara berkesinambungan sama seperti yang dilakukan mereka yang sedang belajar di kampung inggris pare.